Nama
: ABDUL RAHMAN GHAFIKI
Nim
: 11.442.0005
Fakultas/prodi
: FKIP / PGSD
Rencana pelaksanaan pelajaran
Satuan pendidikan: Sekolah Dasar
Mata pelajaran: IPA
Kelas/ semester: IV (Empat)
Alokasi waktu: 2 x jam pelajaran
(70 menit)
A.
Standar
Kopetensi
Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
B.
Kopetensi
Dasar
Menjelaskan
hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
C.
Indicator
pencapaian kopetensi
Pengetahuan
(pruduk)
1.
Menjelaskan pengertian struktur, tumbuhan, dan daun.
2.
Menyebutkan
bagian-bagian dan jenis-jenis yang ada pada daun dan fungsinya
Pengetahuan
(proses)
1.
Mencontohkan
bagian-bagian daun dan fungsinya dengan menggunakan daun jambu biji
2.
Mengemukakan
bagian-bagian daun dan fungsinya yang telah dicontohkan didepan kelas
Psokomotor
1.
Mengekspresikan
penampilanya sebagaimana seorang guru menjelaskan materi didepan kelas
Afektif
·
Melatih
kedisiplinan dan keberanian anak dalam menyampaikan suatu materi tentang
pengertian dan bagian-bagian pada daun dan fungsinya
D.
Tujuan
pembelajaran
Pengetahuan
pruduck
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian struktur, tumbuhan dan daun pada tumbuhan.
2.
Siswa
dapat mengidentifikasikan bagian-bagian dan jenis-jenis yang ada pada daun dan
fungsinya
Pengetahuan
proses
1.
Siswa
dapat mencontohkan bagian-bagian daun dan fungsinya menggunakan daun jambu biji
2.
Siswa
dapat mengemukakan bagian-bagian daun dan fungsinya yang telah dicontohkan
Psikomotor
1.
Siswa
dapat mengekspresikan penampilanya sebagaimana seorang guru menjelaskan materi
didepan kelas
Afektif
1.
Siswa
supaya disiplin dan memiliki keberanian dalam menampaiakan materi didepan kelas
E.
Materi
pembelajaran
Struktur
dan fungsi bagian tumbuhan
F.
Modul
pembelajaran
1.
Model
:
a.
Dmonstration
b.
Role playing
c.
Problem based
introduction
2.
Metode
:
a.
Demostrasi
b.
Ceramah
G.
Kegiatan
pembelajaran
1.
Kegiatan
awal
a.
Guru
memimpin do’a
Siswa berdo’a (karakter
yang diharapkan siswa cinta kepada tuhan YME)
b. Guru mengapsen siswa
c. Apersepsi/ motivasi
d. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan
disampaikan
Siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru
secara seksama
e. Guru memberi pertanyaan kepada siswa tenteng materi
yang akan disampaikan
o
Apakan tumbuhan
itu?
o
Apakan daun itu?
Siswa merespon dan menjawab semua pertanyaan itu
2.
Kegiatan
inti
a.
Guru
menguraikan dan menjawab semua pertanyaan yang ada diatas
Siswa memperhatikan
dengan seksama jawaban dari guru dan mencatatnya
b.
Guru menguraikan materi tentang pengertian,
bagian-bagian dan fungsinya daun
Siswa
memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru secara seksama
c.
Guru menyuruh siswa berkumpul dengan
kelompoknya masing-masing yang telah di bentuk kemarin.
Siswa
berkumpul dengan kelompoknya masing-masing
d.
Guru menyuruh mengeluarkan daun jambu
yang akan dibuat sebagai alat praktek
Siswa
mengeluarkan daun yang merka bawa sesuai dengan kelompoknya masing-masing
e.
Guru memandu siswa dalam pengamatan
tentang sruktur atau bagian-bagian yang ada pada daun yang mereka bawa
Siswa mengamati daun
yang mereka bawa tentang bagian-bagian dan struktur daun
f.
Guru
menyur siswa mendiskusikan hasil pengamatanya
Siswa mendiskusikan
hasil pengamatanya.
g.
Guru
menyuruh sebagian siswa yang mewakili kelompoknya untuk menyampaikan hasil
diskusinya
Perwakilan siswa maju
untuk menyampaikan hasil diskusinya
3.
Kegiatan
akhir
a.
Guru
memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah dibahas
Siswa mendengarkan
dan mencatat secara seksama tentang kesimpulan yang disampaikan oleh guru
b.
Guru
melakukan Tanya jawab mengenai materi
yang telah disampaikan
Murid mengikuti seksi
Tanya jawab yang dilakukan oleh guru dengan seksama
c.
Guru
memberikan tugas dirumah terhadap siswa
Siwa menulis tugas
yang diberikan oleh guru
H.
Penilaian
hasil pembelajaran
1.
Pemahaman
dan penerapan konsep
Bentuk instrument :
pilihan ganda, isian, uraian, dan aplikasi.
Conton soal uraian:
sebutkan bagian bagian-bagian daun !
2.
Kinerja
ilmiah
Bentuk instrument :
tes praktik
Siswa melakukan
pengamatan pada daun jambu tentang bagian-bagian daun danfungsinya
3.
Format kriteria penilaian
·
Produck
NO
|
Aspek
|
Kriteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
- Semua benar
- Sebagian besar benar
- Sebagian kecil benar
- Semua salah
|
4
3
2
1
|
·
Performansi
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1
|
Pengetahuan
|
·
Pengetehuan
·
Kadang-kadang
pengetahuan
·
Tidak
pengetahuan
|
4
2
1
|
2
|
Prektek
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
aktif
·
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
3
|
Sikap
|
·
Sikap
·
Kadang-kadang
sikap
·
Tidak
dikap
|
4
2
1
|
·
Lembar penilaian
NO
|
Nama siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||
pengetahuan
|
prektek
|
Sikap
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
Sumber
pembelajaran
1.
Buku
IPA SD kelas IV
2.
Reverensi
yang lain yang releva
3.
Alat
dan bahan praktikum
J.
media.
1.
Daun
jambu biji
2.
Silet
3.
Laptop/computer
4.
Alat
dan bahan praktikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar